Sabtu, 21 November 2015

Penyimpangan Kekuatan Politik

Penyimpangan Kekuatan Politik

            Politik yang dikenal sebagai salah satu faktor dalam perkembangan suatu negara ini memang memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap rakyatnya di suatu negara. Politik tentu saja tidak hanya sekedar berperan sebagai pemeran utama dalam suatu sistem pemerintahan di satu negara. Namun, politik juga menjadi salah satu komponen penting yang mempengaruhi cara berpikir dan cara hidup masyarakat di suatu negara. Politik sendiri memiliki kekuatan yang mampu menggerakkan segala sistem pemerintahan, bahkan perekonomian dan juga social act di lingkup masyarakat secara luas. Ilmu politik yang sedemikian rupa dirancang untuk memberikan pemahaman mengenai sejarah, bentuk, komponen, konsep, maupun dampak dari politik itu sendiri memang sangat membantu dalam praktiknya. The power of the politic memang sudah tidak diragukan lagi. Proses controlling yang terjadi di dunia politik sangat berpengaruh terhadap bidang lain, seperti market, dan juga social. Hal tersebut dapat kita lihat bahwa pada setiap kondisi dan keadaan, sering sekali terjadi proses politik dalam pasar.
            Banyak sekali persetujuan-persetujuan politik yang terjadi dalam lingkup tersebut. Kekuatan politik yang terjadi di sini dapat kita lihat pada berita yang sering sekali terjadi tentang kenaikan harga barang-barang pokok atau sembako yang melonjak drastis. Dengan adanya peristiwa seperti itu, tentu saja ada permainan politik di dalamnya sehingga mampu mengontrol kebijakan pasar. Kekuatan yang ditunjukkan oleh politik tersebut kepada kebijakan pasar memang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup masyarakat pula. Bagaimana tidak? Dengan adanya perbedaan bahkan kenaikan harga dari barang-barang tersebut tentunya memberikan sedikit kesulitan bagi masyarakat mengenah ke bawah. Dengan begini, hendaknya pemerintah sebagai salah satu pihak yang berpengaruh harus dapat menyelesaikan hal ini sehingga kekuatan politik yang ada di kebijakan pasar tersebut tidak menyebar luas dan merugikan banyak lapisan masyarakat lagi. Memang benar adanya bahwa kekuatan politik yang sudah menguat akarnya akan menjadi salah satu kesulitan dari pemerintah itu sendiri untuk kembali mengambil alih controlling dalam kebijakan pasar. Namun, setidaknya dengan adanya usaha yang dilakukan oleh pemerintah atau pun pihak lain yang mampu mengatasi atau mengurangi peristiwa tersebut akan sedikit banyak berpengaruh terhadap kekuatan politik dalam hal market controlling.
            Selain dalam bidang kebijakan pasar atau market policy, kekuatan politik, terutama kekuatan politik di Indonesia sendiri memiliki pengaruh yang cukup besar pula dalam social act atau tindakan sosial. Kini, sudah mulai banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat yang selalu dikaitkan dengan politik. Sehingga, dalam hal ini kekuatan politik memiliki posisi yang sangat kuat dan mengakar di masyarakat. Karena inilah terkadang sering terjadi kejanggalan dalam beberapa kegiatan yang berlangsung. Politik sendiri menunjukkan posisi tertingginya sebagai controller yang mampu mengubah segala struktur yang ada di tatanan masyarakat Indonesia. Politik seperti telah menduduki tempat yang paling penting di kehidupan masyarakat sekarang ini. Tentu saja ada hal positif yang dapat kita ambil dari adanya kekuatan politik yang berlangsung di masyarakat. Namun menurut saya, kekuatan politik masih terlalu menjadi controller yang kurang sesuai dalam kegiatan atau kehidupan masyarakat itu sendiri. Dalam praktiknya, kekuatan politik di Indonesia memberikan pengaruh yang besar pula kepada keputusan pemerintah. Hal ini bisa saja terjadi ketika ada sekelompok orang yang kurang setuju dengan keputusan-keputusan yang dibuat oleh pemerintah, sehingga mereka menggunakan politik dan tentunya kekuatan politik untuk mengubah keputusan pemerintahan tersebut. Seakan-akan, mereka seperti membeli keputusan yang telah dibuat oleh pemerintah dan menjadikan keputusan tersebut sesuai dengan yang diinginkan oleh sekelompok orang tersebut.
            Namun, hal tersebut justru menurut saya akan membuat politik menjadi hal yang kurang pantas untuk dilakukan karena pengaruh kekuatan politik tersebut yang dijadikan sebagai senjata untuk membeli keadilan atau pun keputusan pemerintah. Apakah hal ini hal yang masuk akal? Menurut saya tidak. Kita sebagai masyarakat tentunya mengetahui bahwa kekuatan politik yang sebenarnya adalah salah satu kekuatan yang dapat memperkuat dan membantu dalam pembangunan dan perkembangan sistem pemerintahan di suatu negara. Maka dari itu, sesungguhnya sangat diperlukan pihak-pihak yang dapat mengembalikan fungsi kekuatan politik tersebut untuk digunakan pada hal yang sewajarnya tanpa adanya sistem black market yang ilegal. Dengan begitu, kekuatan politik di suatu negara, terutama di Indonesia tidak keluar dari jalurnya. Untuk mendapatkan hasil yang diharapkan dan sesuai, tidak hanya pemerintah yang menjadi pemeran utama dalam hal ini, namun kita sebagai masyarakat juga memiliki peran yang penting dalam proses pengembalian hakekat kekuatan politik. Jadi, kita sebagai masyarakat pun tidak hanya diam dan terus menyalahkan penyimpangan yang terjadi pada kekuatan politik tersebut, melainkan ikut berpartisipasi atau ambil bagian dalam menanganinya bersama dengan pemerintah tentunya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar